Posted by : BiK Thursday, October 24, 2019

oleh : Ust. Taufiq

Kab.Bondowoso (MTsN 2 ) – ( 23/10 ) MTsN 2 Bondowoso mengadakan kegiatan Gebyar Bulan Bahasa, dengan mengusung tema” Bersatu Bersama Bahasa, Bersatu Bersama Sastra menuju Madrasah Hebat Bermartabat”. Dalam kegiatan Gebyar Bulan Bahasa, kegiatan diawali dengan Shalat Duha berjamaah pukul 06.00 hingga pukul 07.15 WIB.  Usai Shalat Duha dilanjutkan dengan lomba - lomba pukul 07.15 hingga pukul 08.00 WIB, lomba melukis capil berlangsung pukul 08.00 WIB, merangkai sajak pukul 08.30 WIB yang kemudian di pamerkan, pentas seni pukul 09.00 WIB, dan Bazar makanan dan minuman sehat berlangsung pukul 10.00 WIB hingga selesai.
Dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam rangka pelestarian dan pengembangan budaya, meraih dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni berkomunikasi dengan bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan  Bahasa Arab yang baik dan benar, baik secara lisan maupun tulisan, maka diadakanlah kegiatan Bulan Bahasa dengan tema Bersatu bersama bahasa, bersatu bersama sastra, menuju madrasah hebat bermartabat. Kegiatan ini dilaksanakan dengan harapan dapat menumbuhkan rasa jiwa patriotisme, nasionalisme, dan cinta tanah air serta sebagai ajang pentas karya seni tiga bahasa untuk unjuk bakat dan aksi serta ekspresi. Selain hal tersebut, kegiatan bulan bahasa ini bertujuan ; 1.Untuk memotivasi siswa dan guru agar lebih memahami makna Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928  2. Menjadi ajang apresiasi dan kreasi siswa beserta guru dalam bidang bahasa, khususnya Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab 3. Memberikan penghargaan kepada siswa yang berprestasi dan berbakat di bidang bahasa, baik itu Bahasa Indonesia, Bahasa inggris dan Bahasa Arab 4. Mengakrabkan tali persaudaraan di lingkungan madrasah.
Dalam pameran seribu sajak, di hari sebelumnya guru dan siswa dianjurkan membuat 1 puisi dengan tema sebagai berikut: Kelas 7 : Cinta Tanah air ; Kelas 8 : Cinta Madrasah ; Kelas 9 : Bahasa Menyatukan Bangsa dan Guru : Harapan Untuk Murid. Ketentuan penulisan, setiap guru dan siswa membuat 1 atau lebih puisi, puisi di tulis dengan rapi dan jelas menggunakan bolpoin diatas kertas putih polos (HVS), puisi yang sudah di tulis di kertas putih akan di tempelkan pada kertas buffalo (ukuran separuh kertas buffalo) dengan kertas warna kertas buffalo bebas, dihiasi sederhana. Usai pembuatan, puisi tersebut dipamerkan pada bulan bahasa, puisi siswa dan guru tersebut dikumpulkan untuk di jadikan antologi puisi. 

Leave a Reply

Terima Kasih atas Tanggapan, Kritik, dan Saran

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © BiK : Penuh Kebahagiaan dan Kedamaian