Posted by : BiK Tuesday, November 5, 2019

oleh : Ust. Taufiq


Kab.Bondowoso (MTsN 2 ) – Wakil Kepala Bidang Kesiswaan MTsN 2 Bondowoso, Andi Misbah mengadakan kegiatan LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) di pantai Dubibir Ketah Besuki. Waka Kesiswaan,  Andi Misbah bersama Pembina OSIM , Sri Budi Kustiana serta bersama Tim Kesiswaan merancang untuk memberikan materi kepada Pengurus OSIM baru Masa Bhakti 2019 – 2020. Materi yang disampaikan meliputi materi tentang Keorganisasian, Kepemimpinan, pembuatan proposal dan Outbond. Kegiatan LDK ini berlangsung sejak hari sabtu(2/11) hingga minggu(3/11).
Latihan Dasar Kepemimpinan ( LDK) adalah sebuah pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan. Pelatihan ini biasanya yang diberikan oleh Pengurus OSIM lama kepada calon Pengurus OSIM baru, baik untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama maupun Sekolah Menengah Atas (untuk Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) tingkat sekolah menengah). Pelatihan dasar yang diberikan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepemimpinan kepada Pengurus OSIM baru yang nantinya akan menjadi pemimpin dari seluruh kesatuan OSIM dari Madrasah yang bersangkutan.

Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) biasanya diberikan dalam 2 bagian yaitu Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Fisik dan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Mental. Pemberian materi dari kedua jenis LDK ini biasanya diberikan di waktu dan tempat yang berbeda. Untuk Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Mental, yang menjadi pemberi materi bukanlah lagi para Pengurus OSIM lama melainkan Dewan Guru, Pembina OSIM, Kepala Madrasah serta Guru Psikologi dan Konseling dari sekolah yang bersangkutan, atau bisa juga dengan cara menyewa dari suatu Lembaga Psikologi Independen.

Dalam Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Fisik ini peserta dituntut untuk memiliki kedisiplinan yang tinggi. Beberapa peraturan yang pada umumnya diterapkan dalam Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) ialah : Selama pelaksanaan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK), peserta harus hadir di tempat tepat waktu. Kebersamaan adalah hal yang amat diperhatikan selama pelaksanaan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK). Untuk Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Mental pada umumnya, materi yang diberikan secara garis besar ialah dalam bentuk Penyuluhan Mental Kepemimpinan. Materi tersebut biasa disampaikan melalui permainan-permainan yang memiliki nilai kepemimpinan.

{ 1 comments... read them below or add one }

  1. numpang promote ya min ^^
    Hayyy guys...
    sedang bosan di rumah tanpa ada yang bisa di kerjakan
    dari pada bosan hanya duduk sambil nonton tv sebaiknya segera bergabung dengan kami
    di DEWAPK agen terpercaya di tunggu lo ^_^

    ReplyDelete

Terima Kasih atas Tanggapan, Kritik, dan Saran

- Copyright © BiK : Penuh Kebahagiaan dan Kedamaian