Posted by : BiK Saturday, August 24, 2019


Penulis : Ust. Ach. Taufiq


Kab. Bondowoso (MTsN2) –  Dengan meluncurnya surat permohonan dari Radar Jember kepada MTsN 2 Bondowoso perihal acara sosialisasi “ Museum Goes To School Bondowoso Rail and Train Museum” maka pihak Radar Jember  memohon kepada kepala MTsN 2 Bondowoso untuk mendelegasikan sekitar 30-50 siswa siswi untuk mengikuti sosialisasi tersebut. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari selasa (20/8) jam 13.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB di MTsN 2 Bondowoso. Di hari kamis(22/8) pukul 18.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB ,Radar Ijen selaku EO dari PT.KAI ( Persero) mengundang 10 orang peserta siswa – siswi 

MTsN 2 Bondowoso untuk hadir di Museum Kereta Api Bondowoso.
Museum Kereta Api Bondowoso diresmikan tepat pada hari Kemerdekaan RI Ke -71 dan Peringatan Hari Jadi Bondowoso ke – 197, untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan Gerebong Maut yang menjadi Ikon Monumen bersejarah di Bondowoso. Di masa perjuangan, Stasiun Bondowoso memiliki sejarah penting tentang 100 pejuang Gerbong yang menjadi tawanan Belanda, sehingga keberadaan Museum Kereta Api di Kabupaten Bondowoso merupakan bagian dari ikhtiar mengenang peristiwa Gerbong Maut. Kisah Gerbong Maut yang berlangsung tragis terjadi ketika puluhan Anak Bangsa dibawa dengan Gerbong Kereta yang terbuat dari Plat Baja tanpa ventilasi dari stasiun Bondowoso hingga Surabaya. Selama 16 jam perjalanan, para pejuang Indonesia yang berada di gerbong tersebut menahan lapar dan dahaga. Hingga akhirnya yang berada di dalamnya meninggal dunia. Gerbong yang merenggut nyawa puluhan pejuang kini berada di Museum Brawijaya, Kota Malang. 

Mengingat nilai sejarah yang dikandung dalam peristiwa Gerbong Maut yang menjadi kisah kepahlawanan anak bangsa melawan penjajah, akan menjadi satu koleksi penting yang bermanfaat bagi wisata, sejarah dan pendidikan Bondowoso, maka tak heran Pemkab Bondowoso pun berupaya keras menghadirkan gerbong kereta tersebut ada di Museum Kereta Api Bondowoso.

{ 1 comments... read them below or add one }

  1. numpang promote ya min ^^
    Hayyy guys...
    sedang bosan di rumah tanpa ada yang bisa di kerjakan
    dari pada bosan hanya duduk sambil nonton tv sebaiknya segera bergabung dengan kami
    di DEWAPK agen terpercaya di tunggu lo ^_^

    ReplyDelete

Terima Kasih atas Tanggapan, Kritik, dan Saran

- Copyright © BiK : Penuh Kebahagiaan dan Kedamaian