Posted by : BiK Saturday, October 5, 2019



            Kab.Bondowoso (MTsN2) – Kelas Bina Prestasi 7i MTsN 2 Bondowoso yang terdiri dari 32 siswa dan 4 pendamping Guru melaksanakan salah suatu program , yaitu melakukan studi lapangan Taksonomi Hewan Invertebrata serta praktek Kerja Lapangan Ekologi Tumbuhan di Taman Nasional Baluran Banyuwangi.Mereka harus menyiapkan alat dan bahan dalam berkegiatan. Diantara alat dan bahan tersebut adalah cethok, ember plastik, jaring, hp, alat tulis dan buku kerja,rafia, paku, serta sepatu boot. Kegiatan ini bertujuan agar siswa dapat mendeskripsikan dan menginventarisasi kelompok hewan invertebrata yang terdapat di zona intertidal pantai Bama serta siswa juga dapat mengetahui gambaran karakteristik tentang berbagai macam tipe ekosistem yang terdapat di daerah Taman Nasional Baluran . Kegiatan Studi Lapangan tersebut berlangsung hari kamis (26/9) sejak dini hari hingga sore.


            Dini hari, tepatnya setelah shalat subuh berjamaah, seluruh rombongan kelas 7i bersama pendamping studi lapangan berangkat bersama sama dari MTsN 2 Bondowoso. Mereka sampai di Waduk Bajul Mati sekitar pukul 08.00 WIB. Kegiatan di tempat tersebut adalah melakukan pengamatan dan mendengarkan petugas waduk,tentang asal usul lokasi dan cara kerja waduk tersebut.  Usai kegiatan tersebut, rombongan sarapan pagi, kemudian observasi dan wawancara dengan para petugas tersebut. Pukul 11.00 WIB rombongan memasuki area Batangan,yang merupakan kawasan pintu masuk Baluran Banyuwangi. Kegiatan anak anak kelas7i disana adalah melakukan pengamatan di Hutan Musim dan Evergreen. Di Baluran Banyuwangi terdapat 5 Tipe Hutan, diantaranya hutan musim, hutan evergreen, hutan savana, hutan pantai, dan hutan bakau. Kegiatan dilanjutkan dengan observasi Flora dan Fauna di Bekol. Kegiatan istirahat, sholat dan makan berlangsung pukul 13.30 hingga pukul 14.00 WIB. Kegiatan dilanjutkan pe Pantai Bama, kemudian di pantai bama tersebut , seluruh siswa siswi tersebut melakukan observasi Invertebrata hingga sore hari,kemudian dilanjutkan dengan kegiatan diskusi hasil pengamatan oleh siswa siswi tersebut. Dari hasil kegiatan seluruh siswa siswi diminta untuk membuat laporan pribadi, dikerjakan di buku kerja masing- masing, kemudian juga melampirkan foto – foto hewan dan ekosistem, yang sudah mereka foto masing-masing.

Leave a Reply

Terima Kasih atas Tanggapan, Kritik, dan Saran

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © BiK : Penuh Kebahagiaan dan Kedamaian